Jumat, 15 Juni 2012

Praktik Tao: Feng Shui


FENG SHUI
A.    Sejarah Feng Shui
1.      Sebelum dinasti Qin – masa pembentukan (abad ke-16 - ke-2 SM)
2.      Dinasti Qin dan Han – masa perkembangan (abad ke-2 SM – 2 M)
3.      Dinasti Wei dan Jin – Istilah Feng Shui dibentuk (abad ke-2 – ke-4 M)
4.      Dinasti Sui, Tang dan 5 dinasti – Penyebaran Ilmu Feng Shui di seluruh wilayah Tiongkok (abad ke-4 –ke-9 M)
5.      Dinasti Song – masa keemasan Feng Shui (abad ke-9 – ke-12 M)
6.      Dinasti Yuan – masa kehilangan ilmu Feng Shui (abad ke-12 – ke-13 M)
7.      Dinasti Qing dan Ming – ilmu Feng Shui dipelajari oleh orang awam (abad ke-13 – ke-19 M)
8.      Berdirinya RRC – ilmu Feng Shui dipelajari di seluruh dunia (abad ke-19 – sekarang)
B.     Pengertian Feng Shui
Feng Shui berarti angin dan air yang merupakan kekuatan alami dunia kita dan dapat ditelusuri kembali ke praktek mistis yang menjadi bagian dari sekte-sekte Taoism. Berkembang pesatnya Taoism pada saat itu menumbuhkan berbagai bidang ilmu Tao yang salah satunya adalah Feng.Feng Shui itu adalah sebuah ilmu pengetahuan Cina kuno yang mengajarkan seni kehidupan yang harmonis dengan alam yang membahas dengan tata letak bangunan rumah tinggal, baik untuk orang yang masih Seiring dengan perkembangan zaman, Feng Shui masa kini digunakan untuk menentukan arah dan tata letak bangunan orang mati (Yin-Chai), tetapi sesuai dengan perkembangan waktu, akhirnya Feng Shui dimanfaatkan juga untuk menghitung tata letak rumah tinggal orang yang masih hidup (Yang-Chai). Dua obyek hitungan yang berlainan fungsi tersebut tetap dengan landasan rumus yang sama. Ilmu Feng Shui merupakan sebuah kebijakan kuno yang melandasi keseimbangan dan keselarasan Yin Yang, Shui dengan penalaran yang logis dan ilmiah.


C.    Macam-macam Feng Shui
1.      Feng Shui Bangunan
Feng Shui rumah dianggap terasa kuat pengaruhnya dalam menunjang kehidupan seseorang karena penerapannya memang lebih nyata dalam mempengaruhi pola kehidupan. Membuat rencana tata letak / ruang yang baik dalam Feng Shui rumah / bangunan harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut: pencahayaan, sirkulasi udara, keindahan, aspek keamanan, Tentunya arah, bentuk dan lokasi tanah serta rumah / bangunan itu haruslah baik dan sesuai fungsinya sebagai langkah awal. Selain itu sehubungan dengan Feng Shui rumah juga dikenal berbagai benda / bentuk tertentu yang sering digunakan sebagai atribut pelengkap sebuah rumah seperti misalnya: kaca cermin cekung atau cembung, dll. Benda-benda tersebut sebenarnya adalah atribut dari Tao yang mungkin sudah jarang dipakai di rumah / bangunan modern dewasa ini, tetapi tidak jarang bentuk-bentuk yang mewakili benda-benda tersebut tetap dipakai.
warna ada beberapa warna dalam Feng Shui :
1.      Merah: setimulasi dan dominan, erat kaitannya dengan kemakmuran, menggambarkan malu dan kebencian.
2.      Kuning : pencerahan dan intelektualitas, bersifat: setimulasi otak dan membantu pencerahan,  akal dan kecerdasan,  berlebihan dan kekakuan.
3.      Hijau : pertumbuhan, kesuburan dan harmoni,optimism, kebebasan dan keseimbangan,  iri hati dan kebohongan.
4.      Biru : damai, sejuk, spiritualis, konsentrasi, misteri dan kesabaran,  rasa percaya dan stabilitas, curiga dan melankolis.
5.      Putih : symbol awal kemurnian dan kesucian,  bersih dan segar, dingin dan tanpa kehidupan,
6.      Hitam : mestirius dan independen, daya tarik dan kuat, kematian, kegelapan dan kuasa jahat,
7.      Coklat : stabil dan berbobot, kestabilan dan keangsuran, depresi.
2.      Feng Shui Kuburan
Sebagai bukti besarnya penghormatan kepada orang tua, selain itu kuburan orang tua juga dianggap sebagai suatu tempat/sarana ikatan tali, persaudaraan antara anak-cucu keluarga sehingga setiap tahun, diperingati pada hari Chin Ming/ Ceng Beng dengan berkumpul .Setiap tahun diperingati hari Chin Ming / Ceng Beng dengan berkumpul dan sembahyang dikuburan leluhur. Dalam Feng Shui kuburan hal-hal yang diperhatikan antara lain: Naga - Liang - Gundukan - Air - Arah. Selain itu bentuk kuburan, batu nisan, waktu penguburan juga diperhitungkan. Baik buruknya Feng Shui kuburan itu biasanya akan langsung terlihat dalam tempo satu tahun berpengaruh pada keturunan laki-laki. Biasanya orang pantang untuk merubah-rubah kuburan, jika kuburan itu sudah dianggap baik atau minimal tidak buruk. Tetapi jika ada tanda-tanda atau pengaruh buruk terasa, maka secepatnya kuburan akan diperiksa lagi (tentunya oleh ahli Feng Shui) dan jika memungkinkan diperbaiki supaya pengaruh buruk tersebut hilang atau bahkan berubah jadi baik.
D.    Penanggalan Cina
Ada tiga system penanggalan: matahari, bulan, danmatahari-bulan. Orang-ornag china biasanya menganggap penanggalan china kuno sebagai ‘penanggalan matahari’, juga disebut sebagai penenggalan Kalender yang berdasarkan matahari dan penanggalan China berdasarkan bulan :
1.    Shio tikus (Rat),
2.    Shio kerbau (Buffalo),
3.    Shio macan (Tiger),
4.    Shio kelinci (rabbit),
5.    Shio naga (Dragon),
6.     Shio ular (Snake),
7.    Shio kuda (Horse),
8.    Shio kambing (Goat),
9.    Shio Monyet (Monkey),
10. shio babi (pig),
11. shio ayam (rooster),
12. shio anjing (dog)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar