Senin, 28 Mei 2012

Riwayat Hidup Lao-Tze dan Kitab Suci Agama Tao



1.      Lao-Tze, Sejarah Hidup dan Gagasannya
            Pakar sejarah Huston Smith menjelaskan, bahwa Taoisme yang ada di Cina termasuk agama terbesar kedua dari agama Buddha, muncul dari seorang pemikir yang bernama Lao-Tze. Beliau lahir di negeri Cina pada tahun 640 SM. Tidak diketahui di desa dan kabupaten mana di Cina dia lahir. Bahkan para sarjana juga tidak menjelaskan kapan dia meninggal dunia dan di mana dia dikuburkan. Dikatakan bahwa dia juga mempunyai orang tua, tapi juga tidak dapat diketahui siapa nama kedua orang tuanya.
            Dapat dikatakan bahwa Lao-Tze memang benar-benar ada dan hidup pada tahun 640 SM. Tapi, karena tidak banyak orang yang berjumpa dengannya, maka banyak sarjana yang meragukan keberadaanya. Berdasarkan Kitab Tao te-ching sudah dapat menjelaskan keberadaan Lao-Tze di dunia.
            Menurut Huston Smith, bahwa gambaran mengenai keseluruhan pribadi Lao-Tze didasarkan pada bukti kecil (Tao te-ching) yang diyakini ditulisnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ada juga sebagian orang menganggap bahwa buku kecil tersebut adalah bukan ditulis oleh Lao-Tze, tapi orang yang hidup setelah beliau. Buku tersebut memberitakan bahwasannya Lao-Tze adalah petapa yang hidup dalam kesepian dan senang menyindiri. Tetapi dia adalah sosok yang humoris atau orang yang senang bergaul dan menyenangkan semua orang. Sehingga disimpulkan dia memiliki dua kepribadian yang berbeda. Sehubungan dengan dia senang petapa atau menyendiri, para ahli agama dan filsafat berpendapat bahwa tokoh Lao-Tze ini memiliki ajaran-ajaran yang mistism atau tasawuf dalam ajaran Islam yang dipraktekan oleh banyak filosof muslim di negara Timur Tengah di masa lampau.

Gagasan Lao-Tze
            Lao-Tze mempunyai ide-ide atau gagasan yang terdapat dalam Tao te-ching, yang mencakup definisi, khususnya ungkapan-ungkapan kata-kata yang terdapat dalam Yijing atau Yaking (kitab perubahan), yang menjelaskan teori tentang Yin dan Yang.
            Yin dan Yang adalah dua aspek yang saling berlawanan dan keduanya sama-sama mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia. Yang bersifat terang, aktif, laki-laki, panas, kering, dan positif. Sedangkan Yin bersifat gelap, pasif, perempuan, teduh, basah, dan negatif. Mereka saling melengkapi, namun hubungan ,ereka adalah berjenjang. Yang dianggap selalu paling besar daripada Yin, yaitu seperti model di mana laki-laki selalu mendominasi dalam masyarakat.
            Meskipun Yin dan Yang merupakan dua aspek yang selalu berlawanan, namun jika mereka bersatu mereka menjadi harmonis. Yin dan Yang saling membutuhkan atau bergantung antara satu dengan lainnya. Misalnya, tanpa dingin “dingin”, maka tidak ada konsep “panas”. Yin berada dalam Yang dan Yang berada dalam Yin.

2.      Kitab-kitab Suci Agama Tao
            Ketika agama-agama di dunia mudah untuk dopahami oleh pengikutnya dengan melalui kitab-kitab suci yang dianggap benar pada agama tersebut. Seperti agama Tao juga memiliki kitab-kitab yang dipandang suci dan dijadikan oleh penganutnya sebagai acuan dalam berbuat dan bertingkah laku. Kitab-kitab atau buku-buku yang berhubungan dengan agama Tao mencakup koleksi-koleksi dari karya-karya yang sangat luar biasa yang jumlahnya yang tidak terbilang banyaknya. Buku-buku tersebut meliputi karya-karya yang berhubungan wahyu atau kitab-kitab yang dianggap wahyu oleh para pengikut agama Tao. Kitab-kitab silsilah mengenai keturunan raja-raja dan orang-orang penting, dan kitab tentang simbol-simbol yang terdapat dalam diagram-diagram suci. Buku-buku yang berkenaan dengan peraturan agama Tao jumlahnya tidak kurang dari 1445 edisi dan terdiri dari 1120 volume. Kitab-kitab dan buku-buku yang berhubungan dengan agama Tao semakin banyak dikenal masyarakat setelah dicetak kembali pada tahun 1925.
§  Lao-Tze menulis menulis ajaran-ajarannya dalam 5000 kata-kata yang terbagi 81 syair pendek, yang kemudian syair-syair tersebut disebut dengan Tao te-Ching.
Kitab Tao te-Ching tersebut merupakan pemikiran dari Lao-Tze yang dijadikan buku pedoman moral dan etika bagi banyak orang. Sebagaian orang atau para ahli ada yang mengaggap bahwa ada kemungkinan Lao-Tze merupakan tokoh mitologi yang sangat unik yang tidak pernah dijumpai aleh kebanyakan orang di dunia ini. Karena kisah-kisah seputar dia sangat unik yang tidak pernah dijumpai oleh kebanyakan orang di dunia ini. Kemungkinan-kemungkinan seperti ini juga sulit untuk dibuktikan, karena kesulitan untuk menemukan data untuk membuktikan hal tersebut.
§  Chuang Tzu atau Zhuangzi, dianggap oleh para ahli sebagai kedua karya terbesar dari filsafat Taoisme. Kitab ini diberi nama oleh pengarangnya pada abad ke-4 SM. Kitab Zhuangzi berbicara tentang keabadian dan kekekalan hidup kesempurnaan individu atau orang-orang yang hidup.
Pemikiran Zhuangzi yang tertuang dalam kitabnya (yang juga disebut Zhuangzi atau Chuang-zhu) ditulis dalam tujuh bab, sedangkan pemikiran yang lain ditulis sebanyak dua puluh enam bab.
§  Karya filsafat terbesar selanjutnya adalah Huainanzhi (guru Huainan) dan Lei Zhi (kira-kira ditulis pada abad ke-4 SM). Kitab Huainanzhi menjelaskan bagaimana waktu, alam dan tindakan manusia atau dengan lainnya dapat saling berhubungan, ketergantungan,  sehingga sulit untuk dipisahkan diantara mereka.
§  Kitab Liezi atau Lieh-tzu, juga dianggap sebagai kumpulan cerita dan hiburan-hiburan dalam filsafat. Kitab ini berisikan bahan-bahan yang ditulis selama 600 tahun (berkisar antara 300 SM-300 M). Dalam karya aslinya, kitab ini terdiri dari 20 bagian. Dari ke-20 bagian ini kemudian dipadatkan lagi menjadi 8 bagian seperti yang dapat dijumpai saat ini. Ajaran-ajaran yang tertuang dalam kitab ini dianggap hanya untuk memahami agama Tao pada masa negeri-negeri yang berperang dan kebudayaan-kebudayaan yang berkembang pada awal kekuasaan dinasti Han.
§  Kitab Bao Puzi (guru yang berpenampilan sederhana) oleh Ge Hong, yang ditulis pada tahun 230 M.  Karya ini difokuskan untuk menjelaskan tentang waktu-waktu dan tempat-tempat untuk melakukan ibadah atau meditasi. Kitab Bao Puzi dibagi dalam dua bagian atau bab, yaitu bab pertama adalah bab “bagian dalam”, yaitu bab yang dikhususkan untuk kalangan tokoh-tokoh Tao tertentu saja. Dan kedua adalah baba “bagian luar”, yaitu bab-bab yang menjelaskan tentang etika konfisius.

1 komentar:

  1. NAGAQQ.COM | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Memegang Gelar atau title sebagai Agen BandarQ Terbaik di masanya

    Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * Bandar Poker
    * BandarQ
    * Domino99
    * AduQ
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * Bandar66 (ADU BALAK)
    * Perang Baccarat (NEW GAMES)

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NagaQQ
    Facebook : Facebook
    WHATSAPP : +855967014811
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL | XL 24 JAM NONSTOP

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    agen bandarq online/
    Kemenangan NagaQQ/
    Daftar NagaQQ
    agen bandarq terbaik

    BalasHapus